Sumatera Utara yang Sederhana

Perjalanan ke beberapa daerah lain sudah aku tuliskan, namun seakan ada yang kurang. Sumatera Utara, provinsi aku lahir belum pernah aku ungkapkan keindahannya dari sudut kameraku. Sumatera Utara terkenal dengan banyak hal dan salah satunya adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau kaldera terbesar didunia, yang terbentuk akibat letusan vulkanik. Dengan panjang 87 kilometer dan lebar 27 kilometer, serta kedalaman mencapai 505 meter.

Danua Toba menjadi nadi kehidupan untuk masyarakat di sekitarnya. Airnya mengalir dalam setiap tubuh masyarakatnya. Ia juga membesarkan ikan-ikan untuk menjadi kenikmatan cita rasa daerah dan penghasilan bagi nelayan.

Tanah Danau Toba turut juga menyumbang pangan bagi masyarakatnya. Dibeberapa tempat ia subur, namun tak jarang yang dijumpai adalah lahan dengan batu-batu besar. Namun ketekunan terpancar dari wajah petani.

Danau Toba juga menjadi tuan rumah dari beragam pola hidup masyarakat atau adat. Masyarakat yang sarat dengan petuah, perilaku yang penuh nilai. Nilai hidup yang tercipta dari nenek moyang.

Alam yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri. Udara yang sejuk walau terkadang kelewat dingin.

Walau terkenal keras, orang batak juga terkenal romantis dan melankolis. Tidak ada yang menyangkal bahwa lagu-lagu berbahasa batak (kebanyakan ciptaan lama) mengandung nilai perjuangan hidup. Suku-suku bahkan bangsa lain pun turut mengagumi dan menikmati syair-syair danau itu. Musisi dan penyanyi dengan suara wahid pun lahir terus menerus dari sini.

 

Namun, Danau Toba juga punya segudang permasalahan. Penebangan liar, keramba ikan yang berlebihan, pencemaran air, asap pabrik. Realita permasalahan sosial juga masih menyelimuti daerah yang kerap melahirkan putra-putri terbaik bangsa ini. Sloga “arga do bona ni pinasa” harus tetap dijunjung dalam perantauan anak-anak mudanya, agar tak lupa membangun tanah leluhurnya. Tak cuma pulang degan peti mayat.

7 thoughts on “Sumatera Utara yang Sederhana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s