Cantiknya Sulawesi Utara

Beberapa minggu lalu saya diberi kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Utara untuk beberapa urusan. Setelah sampai disana langsung menuju lokasi pertemuan. Kira-kira 2 jam kami kemudian, setelah urusan selesai kami diajak makan siang di rumah makan khas Manado. Kebetulan lokasi rumah makannya di tepi pantai dan saya pun tertarik mengambil beberapa foto pemandangannya.

Saya lupa nama gunung ini, tapi disebelah kiri foto itu adalah Taman Nasional Bunaken (sayang tidak sempat ke sana, hikss)

Dan ada nelayan serta pemuda yang lagi mancing di sebelah saya.

Sore harinya kami beristirahat di hotel. Di Manado tinggal teman SMA saya. Mengetahui saya lagi di kotanya, dia langsung meminta ketemu. Teman saya ini juga memiliki bimbingan belajar untuk SMA dan dia meminta saya juga untuk berbicara didepan siswanya. Dan saya pun bingung untuk memberi motivasi apa, hahaha.
Kemudian dia mengajak saya jalan jalan 2 hari lagi untuk mengujungi beberapa tempat di Sulawesi Utara.

Besoknya saya masih ada urusan di Kota Tondano. Di kota ini kami akan mengunjungi pasar yang dibangun oleh salah satu kementerian. Pasarnya cukup bagus secara fisik, namun belum ditempati, katanya tidak lama lagi.

Ini bangunan pasar yang belum dibangun dan sedang direncanakan untuk perbaiki serta dibenahi sistem manajemennya. Lokasinya persis didepan pasar yang sudah dibangun.

Sehabis meninjau pasar, kami diajak makan siang di tepi Danau Tondano. Suasananya indah dan membuat keinginan makan semakin meningkat😀.

Dan ini pemandangan Danau Tondanonya.

Dan ini pesanan saya, makanan khas Manado, ikan woku.

Besoknya, sewaktu teman saya mendiskusikan lokasinya saya usul ke Bunaken, tapi karena ada beberapa alasan akhirnya tidak jadi ke sana. Lokasi pertama yang kami kunjungi adalah Bukit Kasih di Kanonang, kabupaten Minahasa. Lokasi ini dibangun tahun 2002 dengan bangunan ibadah 5 agama, namun saya hanya pergi ke bangunan gereja. Ini tugu kasih.

Dan ini perjalanan menuju bukitnya yang tinggi. Ternyata jauh dan tinggi juga.

Dan disepanjang perjalanan kita akan melihat gambar relik yang menceritakan perjalanan salib atau via dolorosa.

Daerah ini masih aktif dan tempat merendam kaki di air panas menjadi salah satu layanannya. Saat menuju puncak bukit, saya melihat gerejanya diselimuti oleh asap belerang. Saya mengambil gambarnya dari bawah dan membuat gereja tersebut seperti ditutupi kabut. Ini gereja yang ada di puncak bukitnya.

Sebenarnya, pemandangan dari atas bukit ini cantik. Namun berhubung cuaca lagi mendung dan matahari tidak kelihatan saya jadi malas mengabadikan pemandangannya.

Di bukit ini ada ukiran kepala manusia yang besar, mirip yang ada di Amerika Serikat. Tapi saya menilai kok mirip yang ada di serial manga Naruto ya, hehehe. Kepala ini katanya adalah manusia pertama dari suku Minahasa. Ukirannya ada dua, tapi yang terlihat jelas hanya 1 dari sudut saya memotretnya.

Lokasi kami berikutnya adalah danau kecil di Tomohon. Sebenarnya danau ini menurut saya menawarkan pemandagan biasa-biasa aja, makanya saya sempat protes ke teman saya, hehehehe. Saya sempat memotret beberapa orang yang sedang menikmati danau ini.

Yang di atas ini adalah foto adik kelas saya yang ikut juga menikmati jalan-jalan kami, Dan yang di bawah ini saya tidak kenal, hehehe.

Dan perjalanan terakhir kami adalah ke daerah Batu Putih di Bitung. Tujuan kami adalah ke hutan di sana untuk melihat salah satu jenis monyet kecil, Tarsius. Tarsius ini merupakan binatang yang aktif pada malam hari. Namun karena wisatawan banyak yang berkunjung siang dan sore hari, maka pemandu biasanya membawa ke pohon yang menjadi sarang Tarsius ini. Ini fotonya.

Walaupun saya tidak bisa ke Bunaken seperti rencana sebelumnya, setidaknya saya bisa mengunjugi beberapa tempat baru. Mungkin pertanda supaya ke Manado lagi😀 .

5 thoughts on “Cantiknya Sulawesi Utara

  1. aheey.. udah ke sulut aja ih si efraiim.. hina banget aku sbg penghuni pulau sulawesi😀
    pemandangannya baguus! bahkan tanpa warna pun, tetap breathtaking, im! harus main ke manado lg dong im, cew2 manado kan cantik2 :p

    1. Hehehe, skalian Sel, mumpung gratis😀 tinggal Toraja neh, kapan ya?🙂
      Iya sel, waktu ke sana gak nongkrong di mall nya, biar lihat2 cewenya, hahaha. harus diakui cewe Manado cantik-cantik sel😀

Leave a Reply

