Cinderella Man

“Jangan remehkan kekuatan satu orang”. Itulah yang diucapkan Cohaagen, sang pemimpin pemerintahan kepada Matthias si pemimpin pemberontak kala Matthias mempertanyakan usaha yang dilakukan Cohaagen sekian lama dan menggukan banyak energi hanya untuk menangkapnya seorang. Itu sekilas adegan dalam pilem Total Recall yang dirilis tahun ini, namun tulisan ini bukan membahas tentang pilem itu. Saya mengangkat kutipan itu karena itu kesimpulan yang tepat menurut saya untuk pilem Cinderella Man, salah satu pilem favorit saya yang dibintangi oleh actor favorit saya. Mungkin sudah puluhan kali saya memutar pilem ini yang diambil dari kisah nyata.

Pilem yang dirilis tahun 2005 ini bercerita tentang kehidupan  James J Braddock aka Buldog—diperankan oleh Russell Crowe, seorang petinju AS keturunan Irlandia. Kita tidak disajikan tentang awal kehidupan Braddock dan langsung pada kehidupannya yang sukses sebagai seorang juara tinju kelas berat. Namun kehidupannya langsung berubah ketika depresi ekonomi menyerang AS sekitar tahun 1928. Ia dan keluarganya harus bertahan dalam situasi ekonomi yang sulit dan tanpa pekerjaan. Namun ia dan istrinya beserta tiga anaknya tetap bersama berjuang dalam situasi ekonomi tersebut.

Braddock yang bangkrut pun mulai mencari pekerjaan. Ia dan banyak pria di kotanya mengantri pekerjaan harian di pelabuhan dengan harapan terpilih sangat kecil. Ia juga tidak melanjutkan karir sebagai petinju karena patah tulang di tangan kanannya dan atas bujukan istrinya. Pernah ia mencoba bertarung dalam pertadingan kecil namun cedera tangannya justru semakin buruk. Ia pun terpaksa menyemir gips tangannya agar tidak kelihatan sakit dan bisa diterima di pelabuhan sebagai buruh kasar.

Pada suatu ketika Joe Gould, sahabat dan mantan manajer tinju datang menawarkan suatu pertandingan nothing to lose. Lawannya adalah Corn Griffin, penantang no 2 juara kelas berat saat ini karena lawan tandingnya sedang sakit. Baik kalah maupun menang, Braddock akan tetap mendapatkan uang. Istrinya Mae memang tidak mengijinkan, namun tak kuasa menahan suaminya bertanding.

Tanpa latihan dan dengan perut kosong, ia menghadapi lawannya yang lebih muda dan penuh persiapan. Tanpa ada yang menyangka, ia menumbangkan lawannya hanya dalam beberapa ronde. “Suatu pertandingan perpisahan yang hebat”, begitulah dia menyebutnya. Tak ada niat untuk kembali lagi ke dunia tinju.

Namun ternyata jalan hidupnya berbalik lagi setelah pertandingan tersebut. Dengan segala upaya temannya Joe mencari kesempatan untuk pertandingan resmi penantang sabuk kelas berat. Mae sempat menolak dan menuduh Joe membawa kematian bagi suaminya, namun akhirnya Mae juga setuju.

Keberhasilan Braddock dalam memulai karir bertinju tidak hanya berpengaruh pada keluarga dekatnya saja, tapi ke seluruh kota. Ia dianggap sebagai silmbol kebangkitan melawan mereka yang mapan dan semangat dalam berusaha di tengah krisis. Dalam pertandingan terakhirnya memperebutkan gelar melawan Max Baer yang ganas seluruh kota mendukung dia mulai dari sepanjang jalan menuju arena pertandingan. Bahkan orang-orang ke gereja berdoa untuk dia dan mendengarkan pertandingan lewat radio. Ia pun dijuluki sebagai Cinderella Man, perwujudan dari dongeng Cinderella. Ia menang.

Pilem ini mengajarkan banyak hal untuk saya. Mulai dari nilai keluarga sampai arti perjuangan tanpa menyerah. Ia menjadi semangat tersendiri bagi warga kotanya dalam menghadapi krisis, padahal dia hanya berjuang untuk keluarganya.

Ada beberapa adegan yang sangat menarik dan berbekas bagi saya dalam pilem ini. Adegan pertama adalah ketika dia mengantarkan anak sulungnya mengembalikan daging yang dicuri ke pemiliknya. Ditengah jalan ia menasehati anaknya untuk tidak mencuri dan anaknya langsung menangis karena tidak mau dititipkan oleh ayah ibunya kepada keluarga jauh yang memiliki makanan, seperti yang terjadi pada teman bermainnya yang dititip ke paman dan bibinya di negara lain. Dan Braddock berjanji tidak akan melakukan itu.

Adegan ke dua adalah ketika ia harus meminta bantuan kepada bank serta kenalannya di klub tinju untuk membayar air, listrik dan membeli makanan karena istrinya tanpa sepengetahuannya menitipkan anak-anak mereka kepada saudaranya. Braddock yang sudah berjanji pada anak sulungnya marah dan bergegas mencari bantuan.

Adegan ke tiga adalah ketika ia kembali bertinju dan melawan petinju yang jauh lebih muda dan kuat. Suatu ketika ia mendapat pukulan telak di wajah. Saking kuatnya pukulan itu sampai pelindung gigi Braddock terlempar ke lantai. Namun Braddock tidak terjatuh, ,malah sebaliknya tersenyum dan berjalan santai mengambil pelindung giginya. Ketika ia mengambil pelindung giginya ia terbanyang tentang anak-anaknya dan tidak adanya susu untuk diminum. Itulah yang membuatnya tetap bertahan dalam pertandingan.

Adegan terakhir adalah ketika momen sebelum pertandingan melawan juara bertahan. Momen istrinya yang seakan tidak rela melepas suaminya dan dilanjut sorakan pendukungnya sepanjang jalan menuju arena. Kedatangan istrinya ke ruang ganti memberi semangat dan sangat berarti bagi Braddock karena belum pernah sebelumnya, sampai ketika istrinya datang ke gereja untuk berdoa dan menjumpai banyak orang yang sudah duluan sampai untuk berdoa untuk suaminya.

Sebenarnya masih banyak adegan yang saya ingat karena sudah puluhan kali ditonton J terutama adegan tinju dalam pilem ini. Karakter Braddock sebagai kebanggaan kotanya itu yang membuat saya mengagumi tokohnya dan menyukai pilem ini. Seperti yang saya tuliskan di awal, Braddock memiliki “kekuatan satu orang” yang bisa mempengaruhi sekitarnya. Mungkin itulah yang dimaksud oleh Cohhagen kepada Matthias. Jika tertarik silahkan menonton pilemnya dan nilai sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s