Jelajah Candi 1: Candi Sambisari

Kali ini saya mengunjungi beberapa candi yang ada di Jawa Tengah. Kunjungan kali ini, saya ditemani teman kuliah saya, Elvandro, yang asli Sleman. Candi pertama yang saya kunjungi adalah Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan candi bercorak Hindu yang ditemukan sekitar 1965 dan mulai digali setahun kemudian. Candi ini dibangun pada abad ke 9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung di zaman kerajaan Mataram Kuno. Posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11. Kompleks ini mempunyai candi utama didampingi oleh tiga candi perwara (pendamping). Di dalam candi ini terdapat patung Durga (di sebelah utara), patung Ganesha (sebelah timur), patung Siwa Agastya (sebelah selatan), dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu: Mahakala dan Nadisywara. Pada saat penggalian, benda-benda bersejarah, di antaranya beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam serta prasasti lempengan emas juga ditemukan.

1. Plakat

2. Tampak Depan

3. Bangunan Utama

4. Inti Candi

Di dalam candi utama terdapat patung Linggadan Yoni dengan ukuran cukup besar. Lingga dan Yoni ini melambangkan Laki-laki dan perempuan.

5. Bangunan Lainnya

8 thoughts on “Jelajah Candi 1: Candi Sambisari

    1. Sebenarnya ini bagian dari Kompleks Candi Prambanan, dan iya memang agak sepi. Mungkin karena lokasinya yang agak jauh dari kompleks utama dan dari jalan raya.

  1. waaaah.. ini candi di bawah tanah yang diceritain orang2 waktu kita ke jogja waktu itu im. waktu itu pengen ke sini jg tp ngga keburu. hehe. bagus yah candinya.. kirain aku tuh masi di bawah tanah beneran tau.. ih kapanlah kita jadikan rencana kita jalan2 bareng rame2an yaaaah..

    1. Iya Sel, ini candinya itu. Kalian gak ke sini waktu itu ya? sayang sekali, hehehe.
      Udah lihat post ttg bali? hehehe. Mau di foto seperti itu sel?😀

      1. iyaaaa.. ngejar ke prambanan, ratu boko, sama siwojan dlm setengah hari soalnyaa. hahaha. kemarin itu jadi ketahuan kalo kami semua penggila candi.. wkwkwk.
        udaaah im.. bikin IRI kamu! jalan2 muluuu.. pengen sih ya, tp nanti kalo udah married dan lg honeymoon. tapi kan ngga mungkin lg honeymoon bawa fotografer im :p

      2. Hahahaha. Tapi emang enak kok menjelajah candi sel, ke Kalasan gak? Aku belum post foto nya, hehehe
        Nah, di komentarilah yang Bali,hahaha. Jalan-jalan? Urusan negara sel. Besok aku ke Danau Toba😀
        Brarti Prawed😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s